17 Apr 2019

Kebun Teh Tambi: Peninggalan Para Penjajah Yang Menyejukan


Kebun Teh Tambi merupakan agro wisata yang cukup populer di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kebun teh yang satu ini letaknya di bawah kaki Gunung Sindoro dengan luas sekitar 800 hektar dan terbagi dalam 3 unit (unit Tambi, Tanjungsari, Bedakah). Lokasi perkebunan Teh Tambi berada di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, jadi tidak mengherankan jika suhu udaranya cukup dingin. 


Perkebunan teh  Tambi merupakan peningalan zaman Belanda dari tahun 1865 dan sekarang telah diolah oleh pemerintah setempat. Hawa sejuk dan hijaunya hamparan perkebunan teh merupakan kesan pertama yang terasa ketika mamasuki area perkebunan, selain pemandanganya yang cukup menyejukan adapun kegiatan para pemetik teh yang membuat suasana menjadi lebih akrab dengan para pengunjung.
Fasilitas yang terdapat dalam kawasan perkebunan terdiri dari  area perkantoran PT. Tambi yang didalamnya menyediakan berbagai informasi mengenai tur keliling dan petik teh bagi wisatawan yang berkunjung, serta  terdapat pula pabrik pengolahan teh sehingga untuk wisatawan yang ingin melihat dan memahami terkait produksi teh dapat melihat langsung proses pembuatanya.
Berdasarkan pengalaman, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi perkebunan Teh Tambi adalah pada waktu pagi hari, karena pada waktu tersebut merupakan waktu produktif para pemetik teh sehingga suasana perkebunan akan terasa lebih hidup, selain itu ketika musim hujan tiba kawasan ini akan terlihat lebih hijau dari biasanya dan suasana yang tercipta akan lebih menarik untuk terus berlama lama sembari menjelajahi kawasan perkebunan Teh Tambi.

Jika wisatawan ingin menikmati dan melakukan berbagai kegiatan lainnya maka bisa memilih paket wisata yang ditawarkan pengelola sehingga semua kegiatan dari penjelasan terkait sejarah perkebunan, tur keliling, sampai dengan menyaksikan proses memetik, pengolahan, pengemasan serta  mencicipi produk teh yang dihasilkan dapat dilakukan di sini.
Adapun alternatif akses menuju lokasi dapat dilakukan dari Kota Yogyakarta dengan waktu tempu sekitar 2,5 jam perjalanan, dan karena lokasi kantor pengelola perkebunan yang letaknya di dekat jalan utama maka tidak akan terlalu sulit  untuk menemukan pintu masuk kawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar