12 Apr 2019

Sembalun: Surga Kecil dibawah Kaki Gunung Rinjani



Kabupten Lombok Timur merupakan salah satu tujuan wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun internasional. Salah satu tujuan wisata yang paling terkenal dan sering dikungjungi adalah wisata Gunung Rinjani, objek wisata  yang merupakan taman nasional ini bahkan sudah mendunia sehingga tidak mengherankan ketika musim libur tiba akan sangat banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Jika berbicara mengenai lokasi wisata yang ada di Lombok Timur, maka terdapat banyak lokasi wisata yang dapat dikunjungi. salah satu lokasi yang menarik untuk dikunjungi adalah desa Sembalun yang merupakan desa yang berada paling dekat dengan gunung Rinjani

Desa Sembalun

Sembalun merupakan salah satu desa di Lombok Timur yang dapat ditempuh dari kota Mataram dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 2 jam. Desa Sembalun di kelilingi oleh perbukitan dan berada persis di bawah kaki Gunung Rinjani. Kondisi ini ikut mempengaruhi kondisi alam sekitar yang membuat temperatur udara cenderung lebih dingin dibandingkan dengan desa lain disekitarnya, bahkan tak jarang pada malam hari suhunya bisa berada dibawah 10˚C sehingga wisatawan yang akan  berkunjung kesini wajib menyediakan kebutuhan yang diperlukan.

Wisata kebun stroberi

Salah satu yang menarik perhatian ketika melewati Desa Sembalun adalah kita akan dimanjakan dengan pemandangan  hamparan sawah yang tertata rapi di depanjang jalan. dimana dari sekian hamparan warna warni yang indah, terdapat beberapa lokasi kebun strawberry dengan ukuran yang cukup luas dan tersebar dibeberapa titik lokasi yang semuanya berada di sepanjang jalan Desa Sembalun. Di sini kebun strawberry dijadikan sebagai wisata petik buah, sehingga wisatawan yang berkunjung kesini bisa memetik dan menikmati buah strawberry langsung dari kebunnya.

Pusuk sembalun

Pusuk Sembalun merupakan salah satu taman wisata yang terdapat di Desa Sembalun, Kecamatan Sembaun. Dalam perjalanan menuju lokasi kita akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan dan pepohonan yang hijau dan sejuk disepanjang jalan, selain itu keberadaan monyet liar disepanjang jalan menuju bukit juga menambah kesan masih asrinya kondisi lingkungan sekitar hutan. Mengingat banyaknya monyet liar yang berkeliaran bebas maka para wisatawan yang baru sampai di lokasi tujuan diharapkan untuk dapat menjaga barang bawaanya dengan baik agar tidak dirampas oleh beberapa monyet nakal.

Sebagai informasi taman wisata pusuk sembalun tidak memungut biaya tiket masuk, dan untuk waktu berkunjung juga tidak dibatasi sehigga kita bisa berlama lama di sini sambil menikmati pemandangan atau bisa juga untuk mencoba berbagai spot foto menarik yang sudah disediakan pengelola.
Sebagai catatan jika kita tidak berencana untuk menginap di Desa Sembalun atau memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi tujuan lainnya misalkan ke kota Mataram, maka disarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan terlalu sore atau menjelang malam, karena berdasarkan pengalaman pada jam tersebut disepanjang jalan akan terhalang oleh kabut  bahkan jarak pandang mobil hanya sekitar 4-6 meter sehingga pengendara haruh lebih hati hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar