14 Apr 2019

Lost in Bali


Bali merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan lokal maupun mancanegra. Terdapat berbagai macam jenis dan tujuan wisata di Bali sehingga rasanya tidak akan cukup waktunya untuk bisa benar-benar menjelajahi tiap sudut Pulau Bali.
Pulau ini memang tidak perna gagal dalam memberikan kejutan dengan berbagai keindahan alam dan budaya  yang masih sangat kental dengan berbagai ritual dan tradisi. Bali memang terkenal dengan berbagai wisata pantainya, bahkan keindahannya tidak hanya populer di Indonesia tapi juga dunia. Berikut adalah beberapa lokasi yang bisa dijadikan referensi tujuan wisata yang sudah perna dikunjungi secara pribadi dalam berbagai kesempatan dan memberikan kesan tersendiri untuk di dokumentasikan dalam bentuk gambar dan cerita.

 1.  Bali Paulina Coffee Plantations


 

 

 

 

Bali Paulina Coffee Plantations merupakan salah satu tempat agrowisata di Bali, alasan awal tempat ini dibangun adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar yang banyak  berprofesi sebagai petani kopi, tapi kemudian terus berkembang dan menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan di Banjar Pujung Kelod, Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Gianjar.
Hal menarik yang dapat dilakukan disini selain karena keindahan lokasinya adalah anda dapat mencoba 8 jenis minuman dan luwak coffee yang disajikan terpisah secara gratis dengan syarat harus membeli tiket masuk terlebih dahulu, selain itu wisatawan juga akan diajak berkeliling untuk melihat proses pembuatan luwak coffee yang mana biji kopinya diambil langsung dari kandang luwak yang berupa hasil konsumsi dari hewan tersebut untuk kemudian di olah menjadi kopi.

2.  Monumen Bajra Sandhi Renon

 






Merupakan monumen perjuangan yang berada di dalam kota, tepatnya didepan kantor Gubernur Bali, di dalam bangunan terdapat beberapa objek wisata yang bisa dinikmat diantaranya Museum 3D yang diisi dengan bebagai macam patung dan gambar 3D dengan tema perjuangan, kemudian ada menara pandang setinggi 45 meter, serta lapangan luas yang diperuntukan untuk warga  sebagai tempat rekreasi yang dikelilingi oleh pepohonan tropis dan taman-taman indah yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau para sahabat

 3.  Green School Bali




Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sekolah dengan konsep belajar dan menyatu dengan alam, baik dari segi arsitektur maupun kurikulum sekolahnya semua disesuaikan dengan konsep green.
Hampir semua bangunan yang ada disini dibangun menggunakan material bambu yang disesuaikan berdasarakan bentuk dan fungsi bangunannya, sehingga untuk siswa maupun para pengunjung dapat secara langsung belajar dari alam  di alam itu sendiri.

4.  Danau Bedugul

 

Berlokasi di atas ketinggian 1.239 meter di atas permukaan laut ditambah keberadaan Pura Ulun Danau Beratan yang memberikan kesan unik bagi wisatawan yang datang berkunjung, serta kondisi lokasi yang terasa asri karena dikelilingi oleh berbagai warna warni bunga serta pohon cemara yang rindang menambah alasan untuk terus berlama-lama disini. 

Keunikan lain yang dapat ditemui di sini adalah bangunan pura yang terletak di tengah danau, sehigga ketika air pasang akan memberikan kesan seperti bangunan yang sedang mengapung, ditambah lagi bangunan Pura Ulun Danau Beratan sangat mencirikan arsitektur tradisional Bali dengan bentuk atap bertingkat yang mengambarkan kepercayaan umat hindu di Bali menjadi pelengkap sebagai wisata sejarah dan religi ataupun sebagai objek backgroud untuk diabadikan dalam bentuk foto pribadi atau bersama.

5.  Pulau Penyu



Pulau Penyu merupakan salah satu tempat penangkaran penyu hijau yang lokasinya berada di Tanjung Benoa, Bali. Disini wisatawan tidak hanya diperkenalkan tentang penyu hijau tapi juga terdapat objek lain seperti ular piton, beberapa jenis burung dan masih banyak hewan lainnya yang bisa dilihat.

Selain itu sebelum sampai di Pulau penyu wisatawan juga akan dipersilahkan untuk menikmati taman laut lepas pantai melalui glass bottom boat  yang sengaja diberhentikan sekitar 400 meter dari bibir pantai untuk  kita bisa melihat melalui bagian bawa boat.


6.  Pantai Dreamland Uluwatu 
Lokasi tempat ini berada di areah pembangunan perumahan, dimana dulunya pantai ini terintegrasi dengan konsep proyek pembangunan dalam kawasan, tapi karena proyeknya tersandung masalah sehingga sebagian proyek terhenti. 

Pantai yang satu ini memiliki pasir putih yang bersih serta dinding karang yang curam menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata yang tepat untuk bersantai sambil menikmati matahari terbenam.


  7.  Pura Uluwatu





Lokasi Pura Uluwatu berada di atas ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut dan berada di atas puncak batu karang. Suasana Pura yang sakral dan religius serta pemandangan lepas pantai yang indah memberikan keunikan tersendiri, selain itu setiap sore menjelang matahari terbenam yang dimulai sekitar jam 5 akan ada pertunjukan tari kecak yang membawa wisatawan merasakan kesakralan suasana budaya masyarakat bali dalam balutan adat dan religi sambil menikmati detik-detik matahari terbenam. 

 8.  Museum Bali




Museum yang satu ini banyak  menyimpan koleksi terkait pengetahuan tentang peradaban manusia pada zamannya, khusunya yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Bali. Jadi sebelum menjelajahi Pulau Dewata lebih jauh lagi ada baiknya untuk sekedar belajar dari masa lalunya, sehingga kita akan lebih memahami dan ikut merasakan perubahan terkait kondisi masyarakat Bali dari jaman prasejarah ke zaman modern, karena museum yang satu ini memiliki koleksi yang cukup lengkap, bahkan dibeberapa ruangan terdapat kerangka manusia purba pada masanya serta berbagai koleksi yang barkaitan dengan budaya, kepercayaan dan koleksi barang mistis lainnya.


9.  Pantai Kuta


Pantai yang satu ini letaknya berada di pusat kota Denpasar, bahkan tepat di depan pantai terdapat area komersil yang cukup padat, salah satu lokasi yang  paling populer adalah Beachwalk, yang merupakan mall dengan konsep modern tapi tetap mempertahankan arsitektur tradisional Bali yang terlihat dari penggunaan material pada bangunan mall.
Pantai Kuta adalah lokasi wisata yang paling mudah aksesnya serta sebagai salah satu icon wisata Pulau Bali secara keseluruhan. Suasana pantai selalu ramai pengujung bahkan tak jarang wisatawan yang datang ke sini lebih di dominasi oleh wisatawan mancanegara.


10.  Mangrove Forest

 



Mangrove Forest adalah salah satu wisata edukasi hutan mangrove yang belum diketahui banyak orang, tak jarang ketika berkunjung kesini tidak banyak wisatawan yang terlihat, luas daerah secara keseluruhan sekitar 1.300 hektar yang sudah dilengkapi dengan jembatan kayu sepanjang sekitar 3 Km untuk menelusuri hutan mangrove lebih dalam lagi, selain itu di bagian tenggah hutang mangrove juga terdapat menara pandang untuk bisa menikmati hijaunya hutang mangrove dari ketinggian serta di ujung jembatan wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan jalan tol dan birunya laut teluk Benoa.

11.  Pantai Doublesix


Pantai yang terletak di Seminyak ini tidak perna sepi pengunjung. Daya tarik pantai ini selain karena panorama pantainya yang indah, juga karena suasana pantai yang dikelilingi oleh banyak kafe yang nyaman serta pemandangan payung warna warni disepanjang pantai membuatnya terlihat semakin menarik.

Di sini juga sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam sambil diiringi live music  yang terdapat hampir di semua kafe disekitarnya.


12.  GWK Cultural Park





GWK atau Taman budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan mega proyek taman budaya yang berada di atas bukit dengan luar sekitar 240 hektar, lokasi ini identik dengan patung Dewa Wisnu yang paling populer untuk didokumentasikan sebagai background foto bagi wisatawan yang datan ke sini.

Hal menarik lainnya yang dapat dilakukan disini adalah menikmati berbagai pentas seni tari seperti tari barong dan keris dance, garuda wisnu balet, balinese parade, joged bungbung, serta pada akhir rangkaian pentas seni wisatawan akan disajikan tari kecak yang dimulai sekitar jam 6 sore sebagai penutup rangkaian acara harian yang diselenggarakan pengelola wisata GWK untuk memberikan pengalaman menarik ke wisatawan yang datang berkunjung.



13.  Tanah Lot


Tanah Lot yang berarti tanah di laut merupakan salah satu wisata religi yang paling terkenal di Bali, bahkan tak lengkap rasanya jika baru pertama kali ke bali tapi tidak menyempatkan waktu untuk berkunjung ke sini. Disini terdapat beberapa pura yang sering dipakai beribada oleh masyarakat hindu Bali. Adapun beberapa objek wisata lainnya seperti mengunjungi mata air suci, menonton pertunjukan budaya di surya mandala cultural park, bertemu dengan ular suci yang konon dianggap sebagai pelindung tanah lot, serta menyelami keindahan budaya dan religi masyarakat setempat.


14.  Desa Wisata Blimbingsari

Desa Blimbingsari merupakan salah satu desa yang mayoritas beragama Kristen Protestan, walau demikian suasana desa kental dengan suasana Bali, ini terlihat dari berbagai bangunan publik yang memiliki gaya arsitektur tradisional Bali yang disesuaikan dengan nilai agama mayoritas masyarakat setempat. seperti contoh, adanya 2 bangunan gereja yang dikemas dengan konsep tradsional Bali baik dari bentuk bangunan, ornamen di dalamnya, serta konsep pembangian ruang dalam bangunan, serta sajian beberapa tarian khas Bali sebagai bagian dari penyambutan ketika ada wisatawan yang berkunjung kesini.


15.  Pusat Peribadatan Puja Mandala

Merupakan salah satu wisata religi 5 agama berbeda, yaitu Islam, Kristen Protestan, Hindu, Buda, dan Kristen Katholik yang semuanya berada dalam satu kompleks yang sama, sehingga menjadi simbol pemersatu antar umat beragama di Pulau Bali. Tempat ini bisa dijadikan rekomendasi sebagai wisata arsietktur yang cukup memberikan banyak referensi dalam satu kompleks kawasan.


16.  Desa Adat Tenganan Pengringsingan

Merupakan salah satu desa di Bali yang masih kuat mempertahankan warisan budaya para leluhur baik dari penggunaan bahasa sehari hari serta secara khusus terkait pola perkampungan dan kebiasaan masyarakat sehari-hari masih mempertahankan cara dan kebisaan lama, sehingga tidak mengherankan ketika berada di kampung ini kita akan benar-benar merasakan dan memahami bagaiman masyarakat bali hidup pada zamannya dulu.


Demikian beberapa rekomendasi lokasi wisata yang ada di Pulau Bali, selain beberapa lokasi tersebut tentu saja masih banyak lokasi lain yang juga wajib untuk dikunjungi jika datang kembali ke Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar